Deprecated: Assigning the return value of new by reference is deprecated in /home/justisia/public_html/wp-includes/cache.php on line 103

Deprecated: Assigning the return value of new by reference is deprecated in /home/justisia/public_html/wp-includes/query.php on line 61

Deprecated: Assigning the return value of new by reference is deprecated in /home/justisia/public_html/wp-includes/theme.php on line 1109
www.justisianto.com » Filsafat dan Teologi

SEMUA AGAMA TIDAK SAMA (1)

Sebab manusia itu ibarat 5 orang buta yang (selamanya) tak pernah melihat gajah. Mereka hanya bisa meraba-raba gajah. Maka pengalaman mengenai gajah itu bukan hanya kurang lengkap, tapi juga bersifat pribadi dan berbeda-beda. Gajahnya sama, tapi pengalaman me-ngenainya berbeda.

SEMUA AGAMA TIDAK SAMA (2)

2. Pengalaman mengenai hukum agama, keselamatan, dan dosa, berbeda.

SEMUA AGAMA TIDAK SAMA (3)

a. Ada juga pengalaman lain: Jumlah umat manusia itu 7 milyar. Tapi hanya 1 milyar saja yang hidupnya sesuai dengan kehendak Allah dan boleh masuk surga. Sedangkan 6 Milyar lainnya melawan Allah. Mereka itu anthek setan-iblis (Mat 10:25) dan akan masuk neraka.

SEMUA AGAMA TIDAK SAMA (4)

II. TAPI GEREJA KATOLIK TIDAK MENOLAK SEMUA YANG BENAR DAN SUCI DARI AGAMA LAIN (NA 2)

Allah itu kasih (1)

Surat Paus Benedictus XVI kepada kaum beriman mengenai “Kasih umat beriman”, Roma, Basilika Santo Petrus, pada tanggal 25 Desember, Hari Raya Kelahiran Yesus, pada tahun 2005, tahun pertama masa kepausan Paus BENEDICTUS PP.XVI. Saduran seutuhnya dan bebas.

Allah itu kasih (2)

Kasih kepada Allah dan kepada sesama. Karya amal kasih umat Allah sebagai perwujudan “Allah mengasihi umat-Nya”. Keadilan dan karya amal kasih.

Allah itu kasih (3)

Keberagaman struktur karya pelayanan kasih dalam konteks sosial dewasa ini. Kekhasan karya amal umat Allah. Mereka yang bertanggung-jawab dalam karya amal umat Allah. Kesimpulan.

MARXISME dan Kritik terhadapnya (3)

Bacalah lebih dulu “MARXISME dan kritik terhadapnya (1)” dan
“MARXISME dan kritik terhadapnya (2)” kemudian berikut ini …
7. Masyarakat yang sosialis dan komunis.
8. Demokrasi.
9. Diktatur Proletariat.

MARXISME dan Kritik terhadapnya (2)

Baca lebih dahulu “MARXISME dan kritik terhadapnya (1)”,
lalu berikut ini …..
4. Kelas dan pertentangan antar-kelas.
5. Partai Politik.
6. Revolusi.

Epistemologi

Epistemologi berarti ilmu yang menyelidiki pengertian beserta seluk-beluknya. Apa itu “mengerti sesuatu” atau “tahu sesuatu”? Siapa “agen” yang mengerti sesuatu? Bagaimana hubungan subjek yang mengerti dan objek yang dimengerti?